Beranda | Artikel
Doa-Doa dan Sunnah Sebelum Tidur - Panduan Amal Sehari Semalam (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)
Selasa, 27 Februari 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Do’a-Do’a dan Sunnah Sebelum Tidur adalah ceramah agama Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A. Ceramah agama ini membahas buku “Panduan Amal Sehari Semalam” yang berisi amalan-amalan yang semestinya dilakukan oleh seorang muslim dalam kesehariannya.

Ceramah agama tentang Do’a-Do’a dan Sunnah Sebelum Tidur – Panduan Amal Sehari Semalam

Pembahasan pada kajian ini sampai pada poin ke-13 dari sunnah-sunnah yang hendaknya dilakukan sebelum tidur.

Poin ke-13 ini adalah mengebut pembaringan seraya membaca bismillah.

Jika kita ingin tidur, hendaklah kita mengebut pembaringan tiga kali seraya mengucapkan bismillah.

Berdasarkan hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

إذا أوى أحدكم إلى فرا شه فليأخذ داخلة إلزاره، فلينفض بها فراشه وليسمّ الله فانّه لا يعلم ما خلفه بعده على فراشه

Jika salah seorang dari kalian mendatangi pembaringannya, hendaklah ia meraih bagian dalam kain miliknya kemudian mengebutkannya ke pembaringan seraya menyebut asma Allah, sebab ia tidak mengetahui apa yang terjadi atas pembaringan tersebut sepeninggal dirinya

Begitu juga apabila seseorang bangun dari tempat tidur untuk suatu urusan lalu akan kembali lagi, maka hendaklah ia mengebut pembaringan dengan kain tiga kali.

Sungguh, syaitan mungkin saja menggantikan kita di atas pembaringan yang tidak dibacakan bismillah. Di samping mungkin datang berbagai serangga yang bisa menimbulkan mudharat ketika pembaringan itu kosong.

Oleh karena itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اذا قام أحدكم عن فراشه ثم رجع إليه فلينفضه بصنفة إزاره ثلاث مرات فانه لا يدري ما خلفه عليه بعد

“Jika salah seorang dari kalian bangkit dari pembaringannya lalu kembali lagi, hendaknya ia mengebut pembaringannya dengan kain sebanyak tiga kali. Karena ia tidak tahu apa yang terjadi atas pembaringannya sepeninggalnya.”

Simak penjelasan lengkapnya dan download MP3 ceramah agama tentang Do’a-Do’a dan Sunnah Sebelum Tidur – Panduan Amal Sehari Semalam

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/30252-doa-doa-dan-sunnah-sebelum-tidur-panduan-amal-sehari-semalam-ustadz-abu-ihsan-al-atsary-m/